Kamis, 24 Februari 2011

cara mendongrak tenaga dari knalpot motor

Salah satu cara untuk mendongkrak tenaga motor adalah dengan mengganti knalpot ( exhaust ) dengan model racing. Diyakini, knalpot racing lebih lancar dalam menyalurkan gas hasil pembakaran. Bagaimana cara memilihnya ? Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli ? Bagaimana cara merawat mesin paska penggantian knalpot agar mesin tetap awet dan memiliki performa yang mumpuni ? Semoga tips berikut bisa membantu brothers dalam berburu knalpot racing untuk Karisma kesayangan - mengingat di toko onderdil dan variasi, bejibun banyaknya ragam model, merk dan harga knalpot racing.
Jujur saja, tidak ada sebuah knalpot yang betul-betul berkarakter racing ( balap ) yang dijual di pasaran secara bebas dan diproduksi masal. Orang kita terlanjur menyebut sebuah knalpot yang bentuknya berbeda dengan knalpot standar sebagai knalpot racing. Knalpot racing asli, biasanya didapatkan lewat pesanan khusus dengan desain dan perhitungan khusus pula ke tukang knalpot yang dipercaya. Karakter mesin ( paska korekan ), tipikal sirkuit balap dan hal-hal teknis lainnya yang merupakan bumbu dapur si pembalap dan team-nya, menjadikan knalpot racing kebanyakan diorder secara diam-diam (tidak dipasarkan kepada khalayak ramai). Yang dapat kita temui di pasaran, sebetulnya adalah knalpot semi-racing yang sudah diukur (jika si pembuat knalpot merupakan orang / merk ternama) agar sesuai dengan karakter mesin harian. Untuk seterusnya, istilah knalpot racing dalam tulisan ini merujuk kepada knalpot semi-racing ini.
Ada dua bentuk knalpot racing yang umumnya mudah dibedakan oleh rider awam. Bentuk panjang atau bentuk pendek. Bentuk panjang, jika knalpot tersebut memiliki silencer ( tabung peredam suara ) berada hampir di ujung buritan motor. Bentuk pendek, jika silencer knalpot tidak mencapai buritan ( setengah atau lebih sedikit dari panjang bodi motor keseluruhan ). Sulit membayangkan ? Lihat saja bentuk knalpot pada Honda RC211V Mas Biaggi dari Team Repsol Honda di MotoGP dengan bentuk knalpot pada pacuan Valentino Rossi di Yamaha M-1. Bentuk pendek, dimiliki oleh Honda RC211V. Valentino Rossi menggunakan bentuk panjang. Honda Tiger 2000 dan Honda Mega Pro, knalpot standarnya juga menganut bentuk panjang meski bukan tergolong sebagai knalpot racing.
Bentuk panjang, efektif untuk mengail tenaga di putaran atas ( menggapai top speed ). Bentuk pendek sebaliknya, efektif untuk mengail tenaga di putaran pendek. Jika bro menggunakan knalpot dengan bentuk pendek, torsi mesin gampang dicapai pada tiap giginya. Sedangkan jika menggunakan bentuk panjang, yang terasa adalah nafas mesin tiap gigi (terutama di gigi tinggi) terasa lebih panjang ketimbang saat menggunakan knalpot standar. Bentuk pendek, efektif untuk daerah perkotaan yang sering terjebak macet. Sedangkan bentuk panjang, ehem nikmat betul untuk motor yang sering diajak turing maupun buat pul-kam alias mudik. Jangan terkecoh. Perbedaan keduanya pada motor harian, tidak terlalu ekstrem. Jika bro menggunakan bentuk panjang untuk melibas macet, masih sah-sah aja kok. Bukan berarti motor bro akan bermasalah. Menggunakan bentuk pendek untuk turing ataupun perjalan jarak jauh, juga tidak ada masalah dengan tenaga.
Kembali ke MotoGP
Mengapa Honda RC211V menggunakan bentuk pendek ? Mengapa Yamaha M-1 menggunakan bentuk panjang ? Honda RC211V secara teknis, memiliki tenaga yang lebih dari Yamaha M-1. Rentang tenaganya / power band yang dimiliki lebih luas ketimbang rivalnya. Secara sederhana, jika itu Honda sanggup digeber 250 km / jam, rivalnya hanya mampu mencapai top speed 220 km /jam saja. Namun, untuk menempuh top speed maksimum, Honda RC211V membutuhkan waktu lebih lama ( kalah tarikan akibat power band lebih luas ). Jika diadu trek 201 m, Yamaha M-1 bisa jadi pemenangnya deh. Oleh karena itu, Honda RC211V perlu dopping tambahan agar tarikannya cepat melesat. Bentuk pendek ( ala megaphone )-lah solusinya. Kenapa Yamaha M-1 tidak mengikutinya ? Karena Yamaha M-1 membutuhkan dopping di putaran atas, sedangkan tarikannya dirasa cukup. Ingat bahwa top speed Yamaha M-1 masih kalah dari Honda RC211V sedangkan tenaga maksimum / top speed Honda RC211V sudah cukup. Kendati mengganti knalpot dengan bentuk pendekpun, top speed Honda RC211V masih di atas rivalnya. Kira-kira, analogi perbedaan bentuk panjang dan bentuk pendek demikian.
Bentuk panjang, biasanya ( sekali lagi, biasanya ) memiliki suara yang lebih lembut dan cenderung bulat atau sering disebut orang nge-bass Bentuk pendek, biasanya memiliki suara yang lebih keras dan pecah atau sering disebut orang robek atau mrepekâ. Wajar, panjangnya knalpot racing bentuk panjang, membuat aliran gas buang lama mencapai ujung knalpot sehingga tekanannya melemah ketika keluar. Pada knalpot racing bentuk pendek, di mana tekanan gas buang masih cukup kuat, gas buang sudah mencapai ujung knalpot. Inilah yang membuat bentuk pendek suaranya cenderung bikin pemakainya disumpahiorang lain. Selain ukuran, bentuk corong pada ujung silencer knalpot juga mempengaruhi. Masih ada lagi, karakter saringan dan mutu glass-wool ( gaspul ) yang berfungsi mengolah turbulensi gas buang di dalam silencer, juga turut mempengaruhi. Sayang, hal ini tidak bisa dengan mudah untuk diketahui oleh awam, kecuali orang yang mengerti seluk-beluk knalpot.
Namanya juga knalpot racing, tentu fungsi dasarnya adalah untuk membuat motor lari sekencang-kencangnya. Otomatis, putaran atas mesin lebih diutamakan, baik pada bentuk panjang maupun pendek. Dalam hal ini, knalpot racing rata-rata mengorbankan putaran bawah. Artinya, tarikan motor dengan knalpot racing, boleh jadi kalah bengis dari knalpot standar. Motor dengan knalpot racing tanpa penyesuaian apa-apa lagi akan terasa lemot dan lamban pada saat gas dipelintir. Seolah tenaga motor mengayun, hilang sesaat dan tidak responsif. Bagaimana mengakali-nya ? Hal ini juga berhubungan dengan faktor konsumsi bahan bakar.
Knalpot racing, membuat gas buang lebih lancar mengalir atau free-flow. Ibarat manusia, knalpot racing membuat seseorang ( baca : mesin ) pipis lebih lancar. Jika orang tersebut minum air terlalu sedikit, jadinya adalah dehidrasi. Demikian pula dengan mesin ketika knalpot racing diaplikasi. Pasokan bahan bakar harus ditambah ! Ada langkah-langkah tertentu yang harus dilakukan brother paska penggantian knalpot ini.
1. Lakukan penyetelan setelan udara setelah penggantian knalpot.
2. Lakukan test ride beberapa km dengan kondisi riding seperti biasa ( layaknya membawa motor secara harian, tidak perlu terlalu kencang, tidak usah telalu pelan )
3. Matikan mesin beberapa meter sebelum motor berhenti ( posisi gigi di-netralkan dulu ) untuk memperlihatkan kondisi mesin ( via busi ) sesungguhnya.
4. Buka busi. Awas, hati-hati. Membuka busi sesaat setelah mesin dijalankan beresiko membuat ulir drat tempat busi menjadi selek.
5. Perhatikan kondisi dan warna busi. Jika busi berwarna putih bersih, berarti setelan udara tidak mampu menahan dahaga mesin akan bahan bakar. Harus ganti spuyer ! Jika busi berwarna putih kecoklatan / merah bata, berarti setelan sudah tepat. Jika busi berwarna hitam, atur ulang setelan udara.
Ada beberapa kasus yang kadang ikut menyertai ketika dilakukan penggantian knalpot. Kasus knalpot racing yang baru hobi dar der dor alias nembak-nembak sampai ke knalpot mengeluarkan percikan api ! Meski jarang terjadi, ada kemungkinan knalpot racing yang baru nembak. Karisma dilengkapi dengan CDI canggih yang mempu mengatur debit bahan bakar sesuai dengan permintaan mesin di setiap putaran. Penggantian knalpot racing, sedikit banyak membuat keakuratan CDI dalam membaca permintaan mesin berkurang. Jangan khawatir, hal ini tidak akan membuat CDI rusak hanya menghilangkan unsur ekonomis dan efisiensi bahan bakar. Wajar. Mesin melesat cepat, logikanya lebih haus bahan bakar kan ?
Perawatan mesin paska penggantian knalpot yang utama adalah, membuat mesin tidak kehausan bahan bakar ! Mesin yang telalu kering beresiko membuat mesin cepat jebol. Setelah setelan ideal didapatkan, perawatan yang lain berjalan seperti biasa. Ganti oli secara teratur, bahkan jika perlu interval-nya dipercepat. Misalkan biasanya ganti oli setiap 2000 km, boleh ganti setiap 1500 km. Tidak perlu oli mahal, oli rekomendasi pabrik sudah cukup kok. Satu tips lagi, setelah knalpot terpasang dan setelan didapatkan, bersihkan filter udara sekalian agar hasilnya lebih greng. Bensin tidak perlu diganti ke oktan yang lebih tinggi. Biasa minum premium, premium saja.
Ada juga beberapa kasus di mana setelah knalpot racing terpasang, setelan ideal malah tidak pernah ketemu meskipun sudah sampai mengutak-atik karburator ( ganti spuyer, setel pelampung, dll ). Hal ini menunjukkan bahwa knalpot tersebut kurang baik mutunya atau tidak sesuai dengan kondisi mesin standar. Langkah antisipasinya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum membeli knalpot. Bisa juga dengan memperhatikan beberapa merk yang sudah diakui mutunya, yang beredar di pasaran.
Terakhir, selama dilakukan penyetelan ulang paska penggantian knalpot dengan baik dan benar, disertai langkah-langkah merawat tunggangan secara rutin, tidak perlu khawatir Honda Karisma brothers akan cepat rusak. Apalagi Honda yang mesinnya bandel. Jadi, selamat berburu knalpot racing. Ingat, kecepatan bukanlah yang utama. Safety riding lebih penting, bro!

Rabu, 23 Februari 2011

Flame Thrower Exhaust Flame Exhaust

Pernah lihat knalpot menyemburkan api??
  Ini knalpot mobil modifikasi tuning akan menunjukkan bagaimana Anda dapat memodifikasi mobil Anda knalpot, untuk mengeluarkan api  sehingga  kita dapat melakukannya sendiri  modifikasi yang disebut flame thrower exhaust flame.
disini kita buat satu contoh knalpot yang mengeluarkan api yang 
menyalakan sebuah knalpot untuk menembakkan api dari ujung pipa mobil kita dengan menekan tombol. Serupa dengan menyala pembuangan efek khusus dilihat dalam film seperti The Fast dan Furious, terbakar sebuah ujung exhaust  dapat menerangi malam dan menebar pesona dijalan raya pada saat mata memandang knalpot tersebut.
Jenis knalpot ini banyak dignakan pada saat mengikuti sebuah kontes otomotif sehingga memikat para pengunjung,membuat buku laporan tamu anda begitu banyak untuk mengisi kekaguman akan modifikasi mobil tersebut......Hehehhee...bisa aja!!! 
untuk mengikuti cara modifikasi knalpot diatas kita dapat temukan rahasianya disini cara membuat flamethrower 

System pembuangan pada knalpot

Saringan suara adalah saluran untuk membuang limbah hasil pembakaran dalam mesin pembakaran internal terdiri pembuangan. sistem dari beberapa komponen, yang terdiri dari setidaknya satu pipa knalpot.
Desain Desain
Desain selokan ini dirancang untuk menyalurkan gas dari mesin pembakaran tempat yang aman bagi pengguna mesin.Ini produk dari pembakaran umumnya panas, ke selokan harus panas dan cepat pelepasan tahan panas.selokan tidak boleh menyilang atau berdekatan dengan bahan mudah terbakar atau mudah rusak oleh panas. Though it

Header(exhaust manifold) untuk meningkatkan ferformance mobil kesayangan kita


Seperti kita semua tahu knalpot merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai saluran gas buang di dalam mesin,tapi dibalik itu semua jika kita mampu memaksimalkan pembuangan itu benar-benar akan mempengaruhi kinerja mesin, performa mesin akan maksimal.

Peran dari sistem pembuangan adalah dengan mengambil sisa pembakaran bahan bakar gas yang tersisa dengan udara dan memungkinkan pembakaran sisa residu tersedot kembali ke dalam silinder melalui baris berikutnya karburator masuk ke ruang pembakaran (kepala silinder)-pembakaran- sistem pembuangan .Jika exhaust manifold sedikit sehingga campuran bahan bakar tidak terbakar sempurna di dalam silinder karena sempitnya ruang bakar untuk beristirahat lebih dan kurang efisien dalam pengoperasian mesin

modifikasi knalpot



Banyak hal yang dilakukan untuk meningkatkan performa mesin , salah satunya adalah modifikasi dari knalpot. Walaupun tampaknya cukup efektif tetapi cara yang sederhana dan cara yang ekonomis untuk meningkatkan kinerja mesin orang tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membongkar mesin, dan mengganti salah satu komponen dalam mesin. hanya dengan membuat perubahan pada knalpot kendaraan Anda akan meningkatkan Anda performa mesin,bagaimana mengubah tampilan standar knalpot untuk lebih banyak daya dan membuat membuat mobil Anda berjalan cepat ..?
Berikut adalah tips tentang cara memodifikasi knalpot Anda untuk membuatnya lebih kuat. performa mesin menurun ketika akan kembali tekanan (kembali tekanan) dalam sistem pembuangan. Kembali tekanan yang disebabkan oleh terhalangnya aliran sistem pembuangan, baik dalam pipa knalpot , peredam, dan katalis atau komponen lain dari konverter energi dalam sistem pembuangan.Kembali tekanan akan mencakup gas terbakar dari saluran silinder, ketika katup terbuka.Tekanan balik terjadi saat gas knalpot untuk memenuhi udara / bahan bakar dalam, sampai keseimbangan antara aliran gas knalpot dan udara yang masuk campuran bensin.
Elemen-elemen dalam sistem pembuangan juga akan sulit untuk mengontrol bila ada tekanan kembali.Untuk itu, diperlukan header dan komponen lain dalam sistem pembuangan, sebagai harmonisasi antara pembuangan dan intake.Unsur-unsur ini akan mengurangi hilangnya torsi dan kekuasaan. Diameter lebih besar dari header, aliran sistem pembuangan juga lebih lancar.Tetapi kenyataannya tidak sesederhana itu, yang keluar daril mesin Gas ke sistem pembuangan tidak dalam kondisi stabil.Tekanan yang terjadi akan berubah, ketika katup membuka sistem pembuangan .
diameter pipa juga mempengaruhi gas knalpot didorong.Pilih ukuran pipa sangat sulit untuk menyesuaikan, perhitungan kombinasi dari mesin lokasi, intake manifold , karburator atau bahan bakar di mana entri diperhitungkan.Perhitungan lain adalah kekuatan tenaga mesin yang diinginkan.Dapat dikatakan header pelari, diameter besar (sekitar 4,5 cm), lebih baik untuk rpm tinggi, bukan diameter kecil.Panjang header juga masuk hitungan, misalnya pada torsi besar dan rpm rendah (aplikasi 4 × 4), akan lebih efisien dan daya maksimum, jika header dibuat lebih panjang.Untuk mencapai keserasian adalah mempertimbangkan langkah-langkah modifikasi pada knalpot , dengan seluruh kinerja mesin, direkayasa agar kompatibel.

Knalpot custom dari konsumen di Batam

GT RACING KNALPOT juga mengerjakan knalpot custom,dengan spesifikasi sendiri,bagi yang ingin lakukan pemesanan knalpot sesuai selera dapat dipesan via email atau menghubungi pihak kami sehingga ukuran dan modifikasi knalpot yang dipesan benar benar jelas

diatas ini adalah satu gambaran knalpot custom konsumen kanmi dari batam,dimana knalpot mobil untuk diatas 3000cc,dimana panjang total knalpot 75cm..dengan resonator 50cm

Senin, 21 Februari 2011

Tailpipe yang tepat buat knalpot mobil avanza - xenia kamu

Tailpipe atau sering disebut variasi knalpot jaman sekarang produck mobil baru sudah banyak mengeluarkan sejak dari pabrikan,tetapi banyak pemilik kenderaan menggantinya yang mana mungkin tidak sesuai dengan selera
Contoh dimobil avanza - xenia dimana knalpot standart keluaran pabrik ujungnya mengarah kebawah dan ketika diganti tail pipe dari toko yang kebanyakan model slip on(baut) pasti selalu mengarah kebawah,so pasti......sipemilik mobilpun kurang merasa puas ketika melihat hasilnya
karena dari survei dan penglihatan dilapangan mobil avanza - xenia bagusnya tail pipe posisinya rata dan benar benar lobangnya mengarah kebelakang.
 Disini bisa kamu lihat pemasangan yang tepat buat mobil avanza atau xenia kamu



Catatan :tail pipe bisa dipasang di mobil apapun untuk memperindah tampilan mobil , tanpa adanya perubahan suara di knalpot..so jadikan mobil kita lebih elegan dan sporty..

Minggu, 20 Februari 2011

Penjual dan toko knalpot mobil termurah harga grosir di Indonesia

GT RACING KNALPOT
(Specialist exhaust system)

GT RACING KNALPOT berawal dari usaha perbengkelan knalpot lalu memajukan usaha lagi menjadi industri knalpot sejak tahun 2002.Lalu melirik usaha bisnis online sejak 2008 kini menjadi salah satu penjual knalpot di online memiliki reputasi no 1 disearch geogle .
Sebagai usaha online kami selalu menjaga kemitraan kami pada pelanggan(agen,konsumen) untuk tetap menjaga kepercayaan.
Keunggulan GT RACING KNALPOT di online:
1.HARGA MURAH karena kami bagian industri knalpot jadi harga yang kami berikan minimal 40-70% dibawah pasaran toko-bengkel knalpot
2.PENGIRIMAN TEPAT WAKTU karena kami memiliki 1000 pc stock barang di workshop + warehouse jadi hampir semua 95% item barang stock ready
3.AKURAT dalam setiap permintaan barang untuk kebutuhan mobil konsumen,dikendalikan oleh orang yang terjun langsung diusaha perbengkelan khusus knalpot,jadi 98% dinyatakan ditidak kecewa saat barang dipasang dimobil
5.7000 MEMBER Pertama di Indonesia  memiliki  komunitas pelanggan knalpot terbesar yang gabung di page Fb GT RACING KNALPOT , dan  grup GT RACING KNALPOT

Itulah sekilas keunggulan kami....

GT RACING KNALPOT
Workshop
Jl.Veteran no:96 
PURWAKARTA-JAWA BARAT
0264-8220149


CP.0852 22444346
      0878 22444346
          (KONSULTASI 24 JAM )
---------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------
CARA BELANJA YANG TEPAT
1.KONSULTASI 
2.LIHAT BARANG SESUAI KODE PRODUKSI
3.LIHAT BERAT BARANG/LIHAT BIAYA PENGIRIMAN (HANYA MEMAKAI JNE
4.LAKUKAN PEMBAYARAN DIDEPAN MELALUI TRANSFER DANA SENILAI 
YANG DISETUJUI GT RACING KNALPOT, 
VIA BANK MANDIRI-BCA-BNI
(HARGA BARANG+BIAYA PENGIRIMAN)
5.KONFIRMASI SETELAH DANA DIKIRIM
6.SETELAH KAMI CHEK BIAYA BENAR MASUK-BARANG KAMI KIRIMKAN 
DAN KAMI INFORMASIKAN "TRACKING/RESI BARANG ANDA"
----------------------------------------------------------------------------

BANK MANDIRI
NO REK 132.000.427.2010               ELISABETH T

BANK BCA
NO REK  23.12.00.84.33                   ELISABETH T

BANK BNI
NO REK  01.7676.9474                     ELISABETH T 


Lebih tepatnya sebelum belanja chek terlebih dahulu mereka yang sudah belanja di GT RACING KNALPOT clik daftar kirim kami disini
^^BUKTIKAN satu persatu resinya di "TRACKING JNE"  

*^jika sudah yakin 100% berbelanja SEGERA!!! jangan lupa bagikan info ini keteman otomotif diKOTA kamu juga....

*solusi belanja knalpot termurah dan berkwalitas NO :1 di Indonesia.

silahkan lihat knalpot knalpot racing yang anda sukai di sini

Bengkel knalpot mobil terbesar dikota seluruh Indonesia

Sebagai media khusus knalpot alangkah baiknya kita berbagi juga buat teman teman kita yang mungkin gak tau bengkel perbaikan knalpot dikotanya sendiri..jadi disini mari kita berbagi untuk teman teman kita gan!!katanya sih bengkel knalpot bagus di kota masing masing tapi masalahnya tetap kami percayakan pada agan semua untuk memilihnya
kita mulai dari kota besar ya
  KOTA                       NAMA BENGKEL                   ALAMAT
JAKARTA             *RKK(ruang kencana knalpot)        Garuda
                            *SAKI(Standart Adi Knalpot)          Gunung sahari
                            *Budi Motor                                  Kebayoran lama
                            *Indojaya                                       Jl.panjang
                            *Ambarukmo                                 Cipinang
                            *CK Motorsport                             jl.panjang
              
Bandung               *Bayan knalpot                             Cimahi
                            *Carman                                      Sadakeling
                            *Dodo                                          Cikutra
Purwakarta          *GT Racing Knalpot
Medan                * Raja knalpot
Palembang          * Ceria knalpot
Mari berbagi untuk teman kita....masukkan nama bengkel terbesar(terlengkap) khusus knalpot dikotamu dikomentar dibawah ini


Selasa, 15 Februari 2011

Back pressure

Pada dasarnya di muffler back pressure tidak dapat dihilangkan karena beberapa penyebab back pressure  terjadi apabila ada halangan (obstruction) pada aliran, yang berupa gesekan (friction), tahanan (resistance) , atau belokan (tight-bends)
sehingga pengaruh  backpressure meliputi variasi dalam opening pressure, reduksi kapasitas flow, instabilitas, atau kombinasi ketiganya. 
saat ini back-pressure tidak terhindarkan, bisa diatasi dengan penggunaan BSV (Back pressure safety valve).
 


BACKFIRE


Mesin nembak-nembak… mungkin kita pernah mendengar dari mesin mobil atau motor kendaraan lain atau mungkin kita mengalami sendiri pada mesin mobil / motor kita.
“Nembak-nembak” tadi di dunia otomotif disebut dengan istilah Backfire. Backfire terjadi saat mesin bekerja. Bisa terjadi di Intake (jalur masuk udara dan bensin) dan juga di Exhaust (jalur gas buang / knalpot).
 Saat ini sudah jarang terjadinya Backfire, dikarenakan umumnya sudah berteknologi injeksi (Electronic Fuel Injection). Sistem EFI memperkecil terjadinya backfire, karena didukung oleh manajemen pengapian dan supply bensin yang baik hingga kontrol emisi yang saling berkaitan.
Tetapi, bukan tidak mungkin untuk tetap terjadinya backfire pada mesin injeksi.
Ledakan yang terjadi di intake umumnya terjadi akibat campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna karena terlalu ‘kurus’ / Lean / miskin. Yaitu kandungan bensin terlalu sedikit berbanding kandungan udara. (idealnya adalah 14.7 butir udara berbanding 1 butir bensin). Karena terlalu sedikitnya bensin dalam campuran yang masuk ke ruang bakar, membuat campuran tersebut sangat lambat, bahkan tidak bisa terbakar oleh percikan busi.
Akibatnya, saat valve (klep) exhaust membuka untuk proses pembuangan,.. panasnya membakar bensin yang tidak bisa / lambat terbakar tadi, ketika panas itu mulai membakar bensin tadi, secara bersamaan valve intake membuka untuk proses hisap menyalurkan campuran bensin+udara baru, hasilnya terjadilah ledakan yang apinya bisa menyulut menyebar sampai ke filter udara dalam sekejap.
Pada kondisi ini, sebenarnya ledakan terjadi juga bersamaan di intake dan exhaust.
Intake-backfire juga bisa terjadi akibat timing pengapian yang terlalu maju. Jadi saat Valve Intake membuka untuk men-supply campuran bensin dan udara, sebelum Valve tersebut menutup.. busi sudah memercikkan api..
Akibatnya, ledakan terjadi tidak di ruang bakar saja, melainkan juga menyebar masuk ke intake manifold hingga ke filter udara.




Exhaust-Backfire

Yaitu terjadinya ledakan pada jalur keluar / gas buang. Dalam hal ini akan terdengar melalui knalpot. Kalau knalpotnya mempunyai daya redam yang baik, bunyi yang keluar tidak terdengar keras.
Exhaust-backfire terjadi akibat bensin yang tidak terbakar di ruang bakar, baru terbakar setelah dibuang ke exhaust manifold (jalur knalpot) yang sangat panas. Ledakan di luar ruang bakar ini menghasilkan bunyi yang keras.
Exhaust-backfire biasanya diakibatkan oleh timing pengapian yang salah atau terlambat, sehingga bensin+udara belum sempat dibakar, sudah dibuang ke exhaust yang sangat panas sehingga ledakan terjadi di knalpot.
Exhaust-backfire juga bisa disebabkan karena campuran bensin+udara yang tidak baik, sehingga susah bahkan tidak bisa terbakar oleh percikan busi.

AKIBAT BACKFIRE

  











  • Kehilangan Tenaga Mesin: setiap ledakan yang terjadi di ruang bakar menghasilkan tenaga untuk poros mesin berputar. jika ledakan tidak terjadi di ruang bakar, maka mesin kehilangan tenaga putarnya.



















  • Boros BBM: setiap butir Bahan Bakar, diharapkan dapat menjadi tenaga untuk memputar poros mesin.



















  • Komponen Mesin Rusak: Selang / Hose Intake bisa sobek atau pecah, Knalpot bocor, Filter udara sobek/hancur, dll.




  • BACKFIRE DI DUNIA BALAP
    Pernahkah memperhatikan mobil balap saat memasuki tikungan tajam atau memperlambat kecepatan, terdengar suara ledakan-ledakan (backfire)…
    Hal tersebut sering terjadi akibat campuran bensin+udara yang ‘rich’, sehingga banyak bensin yang belum sempat terbakar, terbuang ke Exhaust Manifold saat pedal gas dilepas (throttle closed) tiba-tiba.
    Fenomena backfire dalam dunia balap dan drag-race membuat kesan “cool”.
    Lebih seru lagi, hingga dipasang Flame Thrower pada knalpot yang menyemburkan kobaran api… Wow..
    PENYEBAB BACKFIRE
    *Tekanan bensin rendah: bisa disebabkan oleh filter bensin kotor/mampet, pompa bensin bermasalah,  fuel injector kotor/mampet, Fuel Pressure Regulator bermasalah, selang vacuum Fuel Pressure Regulator rusak/sobek.
    *Salah urutan pemasangan kabel busi
    *Penggunaan busi yang tidak tepat / busi mati.
    *Timing pengapian yang tidak tepat.
    *Valve Intake bermasalah (nyangkut, bocor)

    Pusing Mengalami backfire..
    Terjadi juga di mobilku sesaat sebelum libur lebaran 2009 yang lalu..
    Mesin bekerja agak kasar, sedikit bergetar,.. Saat mesin sudah mencapai suhu kerjanya.. saat dibawa jalan,.. mesin tertahan di putaran 2500rpm, ketika pedal gas di injak lebih dalam, terdengar letupan di ruang mesin dan di knalpot bersamaan.
    Mencoba konsultasi dengan teman-teman yang mengerti mesin, hampir semuanya mengatakan ada masalah dengan pengapian atau timing pengapian.
    Kebetulan kabel busi ternyata ada yang sobek, namun setelah dicoba diperbaiki, tetap saja terjadi backfire, dan mesin tidak bertenaga.
    Mencoba ganti Ignition Coil,.. sama saja.
    Mencoba stel klep + ganti oli mesin… sama saja.
    Cek Kompresi mesin… bagus semua.
    Duh apa dong ya?..
    Coba untuk ganti busi lagi..
    Baru berjalan sekitar 2 kilometer,.. ketika busi dibuka, ternyata busi nomor 1,2 dan 3 berwarna hitam.. sementara busi nomor 4,5 dan 6 masih putih bersih (pembakaran sempurna).
    Waah.. busi hitam tersebut tanda bensin tidak terbakar dengan baik… tentunya bisa karena semprotan Fuel Injector yang tidak sempurna.
    Besoknya saya coba bersihkan Fuel Injector di bengkel yang punya mesin Ultrasonic Fuel Injector Cleaner…
    .
    Benar saja..
    saat Fuel Injector di test,.. ternyata injector nomor 1,2 dan 3 hanya mampu menyemprotkan bensin setengah dari injector lainnya.
    Ini yang membuat campuran bensin+udara menjadi sangat LEAN (kurus), sehingga bensin tidak terbakar, dan baru terbakar di Exhaust Manifold yang menyebabkan backfire.
    Setelah fuel injector bersih kemudian dipasang kembali di mobil (tidak lupa mengganti O-Ring Injector dengan yang baru).
    Hasilnya…. mesin kembali halus dan sangat bertenaga saat dibawa jalan.
    Usia Fuel Injector pada mesin saya masih bisa dikatakan baru, sekitar 9 bulan yang lalu seluruhnya diganti baru. Namun kotoran pada tangki bensin yang lolos dari saringan filter bensin membuat fuel injector mampet.
    Selesai itu semua, saya segera setel CO (uji emisi) agar pembakaran bbm lebih sempurna lagi, dan mobil benar2 sehat.

    Jumat, 11 Februari 2011

    knalpot racing jimny katana

    Suzuki jimny katana memiliki tabung knalpot 2 bagian dimana didepan ada satu knalpot yang modelnya kecil bulat dan ini disebut resonator dan satu lagi tepat berada sebelum as roda yang dinamakan rear muffler.untuk memodifikasi knalpot suzuki jimmy ini tidak perlu memakan banyak biaya seperti mobil keluaran baru sekarang
    kita hanya cukup mengganti bagian belakang saja,tapi perlu diketahui untuk mencari knalpot jmmy tidak semua knalpot bisa dipasang.Pada gambar modifikasi di sini barang yag terpasang adalah GTR 0276
     Cara pemasangan
    • copot atau lepas rear muffler tersebut lalu ganti dengan pipa jika kamu ingin suara kencang,bagi yang inginkan sedang saja kita harus mengganti rear muffler trsbt ke resonator,setelah selesai kita menuju pemasangan knalpot belakang
    • Tempatkan muffler dibelakang dengan memotong pipa yang sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan
    • pemasangan knalpot disesuaikan dengan bumper



     Modifikasi lainnya di jimny::

    Rabu, 09 Februari 2011

    knalpot racing all new corolla seg dan accesioris muffler

    Product Toyota ini juga banyak dimodifikasi knalpotnya,corolla SE.G ini mengingkan suara knalpot yang dihasilkan bass garing dengan konsultasi dengan rumah modifikasi GT RACING KNALPOT ssebagai ahli khusus seputar suara suara knalpot akhirnya ditemukan salah satu barang yang sangat cocok dimobil ini.
    Cara pemasngan knalpot ini terbilang cukup simpel aja dimana knalpot bagian belakang saja yang akan dilepas,untuk bagian resonator tengah tetap dipertahankan
    • Modifikasi pemasangan suara bass bulat

    jika inginakan karakter suara lebih kencang lagi bisa melepas resonator ini dengan mengagnti resonator racing(scott)
    • Modifikasi pemasangan suara bass garing
    corolla all new memakai
    • 1 resonator ditengah model racing muff
    • 1 rear muffler

    PEUGEOT 306




    modifikasi terkait lainnya di 306

    Selasa, 01 Februari 2011

    Mau knalpot ini GRATIS...??? ikuti caranya hanya di GT RACING KNALPOT

    GT Racing Knalpot selalu mengadakan beberapa paket paket yang selalu kami informasikan kepada pengunjung website juga pelanggan yang sudah berbelanja di GT RACING KNALPOT 
    Dimana info ini kami berharap semoga menambah penggemar atau pelanggan kami di seluruh Indonesia,
    marilah berbagi info kepada teman teman lainnya,
    saat ini kami mengadakan :
    PAKET DISCOUNT
    • GTR 0268
    • GTR 0256
    • GTR 0358
    Untuk informasi harga discount diatas silahkan lihat di www.gtracingknalpot.com