Selasa, 16 November 2010

Header Knalpot mobil

Fungsi dari exhaust system atau yang biasa disebut knalpot ini sebenarnya “hanya” membuang gas buang yang dihasilkan oleh ruang baker mesin. Namun jangan dianggap remeh, karena sistem gas buang yang buruk sangat memungkinkan untuk menurunkan performa mesin.
Ujung-ujungnya mesin jadi loyo, tidak bertenaga dan boros bahan bakar. Ada tiga bagian dasar sebuah system gas buang, yaitu header (manifold), pipa penyalur dan muffler atau silencer. Namun dalam perkembangannya, dalam system ini juga terdapat catalytic converter, glasspacks dan resonator.
Manifold atau header adalah bagian ini adalah bagian yang menempel pada silinder head. Tugas utamanya adalah mengoptimasi kecepatan aliran gas buang. Semakin lancer dan cepat, maka kemungkinan peningkatan tenaga dan performa makin besar. Karena itulah para engine tuner memasukan header custom sebagai salah satu syarat utama agar performa mesin bias naik. Masing-masing jalur pipa di-design sedemikian rupa agar mampu mengalirkan udara secara smooth dan lancar agar mengurangi penahanan flow. Diameter pipa juga bias disesuaikan dengan karakter dan kapasitas mesin yang diinginkan. Prinsipnya, setiap pipa manifold harus mempunyai panjang yang sama agar kecepatn gas buang yang dihasilkan setiap ruang bakar mempunyai karakter yang sama. Panjang pipa manifold dan tekukannya mempengaruhi performa pada RPM tertentu. Pada beberapa kasus, manifold header juga bias dilapisi bahan keramik untuk mereduksi panas. Konfigurasi yang digunakan biasanya adalah 4:1 (empat pipa manifold masuk menjadi 1 bagian pada pia pembuangan) atau 4:2:1 (empat pipa manifold menjadi dua bagian terpisah dan kembali menjadi satu bagian pada pipa pembuangan
Catalytic converter berguna untuk mereduksi tingkat emisi gas buang terutama pada bahan-bahan beracun seperti gas CO.


Pertama diperkenalkan 1975 yang digunakan pada sepeda motor, generator atau alat berat lainnya. Namun ternyata alat ini membuat sejumlah tenaga mesin menjadi berkurang. Catalytic modern rata-rata hanya memproduksi 1-3 psi untuk efek back pressure. Oleh karena itu, banyak sekali produk after market yang menawarkan high pressure catalytic yang bias mengurangi emisi tanpa mengurangi performa mesin.

Pipa knalpot adalah bagian terpanjang pada struktur konstruksi knalpot. Bagian ini berfungsi sebagai jalur dan juga menyamakan/equalize tekanan gas yang ada dan menjaga back-pressure serendah mungkin agar tidak merugikan output akhir. Ukuran diameter biasanya ditingkatkan agar menjadi lebih lancar. Selain itu bahan pipa galvanized biasanya dipilih lantaran kuat.
Silencer adalah bagian paling belakang dari struktur knalpot. Selain mempunyai karakter suara yang diinginkan, bagian ini juga dibuat untuk menjaga tekanan gas buang yang diinginkan. Designnya biasanya sudah senyawa dengan design header, diameter pipa dan kapasitas mesin.

Biasanya, system free flow bias meningkatkan tenaga. Namun ingat, hal ini tidak selalu berbanding lurus. Banyak sekali kasus malah tenaga mesin menjadi ngempos alias melemah. Jadi, pilih design knalpot yang sesuai dengan karakter mesin. Coba berkonsultasi dan sesuaikan dengan kebutuhan.


Header knalpot adalah setelah bagian pasar otomotif yang dirancang untuk meningkatkan performa kendaraan.Keuntungan kecil di kinerja difasilitasi oleh knalpot header penting untuk driver,kinerja tinggi membuat para modifikasi inginkan kendaraan mereka memaxsimalkan kecepatan.Modifikasi ini termasuk instalasi ventilasi asupan lebih besar untuk mesin.Header knalpot memodifikasi sistem pembuangan untuk mencegah kembali tekanan, yang berarti bahwa silinder tidak perlu bekerja keras untuk mendorong knalpot keluar seperti yang mereka lakukan dalam sistem tradisional. Ada berbagai jenis knalpot header tergantung pada kebutuhan driver, dengan beberapa menantikan untuk kinerja rendah dan lain-lain ditujukan pada kinerja tinggi di jalan terbuka.

CONTOH DESAIN HEADER


Dalam sistem pembuangan konvensional, setelah membakar silinder, mereka mendorong gas buang keluar ke knalpot manifold , yang rute pembuangan keluar dari kendaraan melalui pipa knalpot .   Namun, exhaust manifold bisa membuat tekanan balik yang mendorong terhadap silinder, yang berarti bahwa ia harus mengerahkan lebih banyak energi untuk mendorong gas buang keluar dan mempersiapkan penembakan berikutnya.Akibatnya, efisiensi beberapa bisa hilang. Sebuah karya header knalpot berbeda, pada dasarnya membuat miniatur knalpot untuk setiap silinder dan routing pembuangan ke kolektor terpusat yang jauh lebih besar.Pipa-pipa dari header knalpot yang bengkok agar sesuai di bawah tenda dan dipotong panjang yang sama sehingga gas buang akan tiba secara berurutan di kolektor karena setiap kebakaran silinder. Hal ini menghilangkan masalah tekanan balik dan memungkinkan silinder untuk beroperasi secara lebih efektif.
Dalam beberapa kasus, sebuah knalpot header dapat disetel untuk menarik di buang katup dari silinder berikutnya dan menyedot knalpot keluar, berarti kurang berhasil bahkan untuk silinder.Driver yang menginginkan tenaga yang lebih untuk sekitar mengemudi kota dan akselerasi yang lebih baik di bawah beban berat biasanya memilih untuk kinerja rendah knalpot header, sementara pengemudi yang mencari kecepatan di jalan terbuka lebih memilih header kinerja tinggi.

Berbagai produsen membuat knalpot header untuk beragam memusingkan kendaraan, dan penting untuk menginstal header knalpot yang dirancang untuk mobil Anda.Karena knalpot bocor bisa berbahaya, pembuangan header harus dipasang dengan hati-hati, atau profesional jika ada ketidakpastian apapun.Sebuah diinstal header tidak benar bisa mengakibatkan knalpot bocor yang ventilasi ke dalam kabin kendaraan, menyebabkan gejala karbon monoksida keracunan pada driver dan penumpang.


 berita terkait dengan HEADER
  • CATALISTIC
Saat ini Catalytic Converter telah digunakan di banyak mesin-mesin mobil dan motor, bahkan beberapa motor bebek yang nobatene motor murah sudah memasang teknologi ini.
Ada dua tipe dari Catalytic Converter, yaitu 3-way Catalist dan 2-way Catalyst. 3-way Catalist digunakan pada mesin mobil dan motor yang menggunakan bahan bakar bensin (Premium, dsb.). Ada tiga tahap dalam proses ini yaitu :
  1. Reduksi Nitrogen Oksida menjadi nitrogen dan Oksigen : 2NOx → xO2+N2
  2. Oksidasi Carbon Monoksida menjadi Karbon Dioksida : 2CO + O2 → 2CO2
  3. Oksidasi senyawa Hidrokarbon yang tak terbakar (HC) menjadi Karbon Dioksida dan air : 2CxHy + (2x+y/2)O→ 2xCO2 + yH2O
Reaksi-reaksi di atas akan berjalan efisien bila mesin bekerja dengan  perbandingan 14,7 bagian udara dengan 1 bagian bahan bakar.
Sedangkan 2-way Catalist digunakan pada mesin diesel. Karena pada daur Mesin Diesel tidak dihasilkan Nitrogen Oksida (NOx), maka daur yang terjadi hanyalah daur nomor 2 dan 3 saja.
Catalytic Converter sangat peka terhadap logam-logam lain yang biasanya terkandung dalam bensin ataupun solar misalnya timbal pada premium, belerang pada solar, lalu seng, mangan, fosfor, silikon, dsb. Logam-logam tersebut bisa merusak komponen dari Catalytic Converter. Oleh karena itu teknologi ini tidak bisa digunakan di semua daerah terutama daerah yang premiumnya belum diganti oleh Premium TT (Tanpa Timbal).
Bagaimanapun teknologi Catalytic Converter yang telah diciptakan oleh para engineer ini telah memberikan kontribusi nyata terhadap usaha menekan polusi udara yang juga akan berdampak pada isu pemanasan global.

Jenis jenis HEADER dapat anda lihat di sini => si penjual header

33 komentar:

  1. berapaan buat jazz i-dsi bozz.??
    nyampe bali...

    BalasHapus
  2. harga header buat jazz 650.000(4-1)

    BalasHapus
  3. saya pakai twincam '88 berapa harga header smapai tangerang..supaya enteng larinya dan akselerasi cepat..trims ageng (021-91007791)

    BalasHapus
  4. header buat mesin 4g61t mitsubishi sampai di pekanbaru brapa y?

    BalasHapus
  5. Semua product bisa ...silahkan hubungi saya di 085222444346<.>087822444346

    BalasHapus
  6. bagus buat header dan knalpotnya pak,.. posisi dimana nih...jakarta..?
    salam kenal saya pecinta header juga,zebra 91 1.3 header 4:3:2:1 (empat lubang,keluar tiga dijadiken satu dan yang satu terpisah buat nembak dari bawah trus jadi satu keluar pembuangan) pipe galvanis langsung dengan capsul -> pipa tanpa slencer seperti tombak alhamdulillah up speed 140 km/jam drag lurus..buat suara si serek serek basah...paling seneng kalo lg diem ngga di gas,..bunyinya gruung..grung...grung..grung,..mirip mesin 3000CC
    salam wranggggerrr...

    BalasHapus
  7. Pak Bos
    Untuk eterna GTi th 90 kira2 habis brp pak (mufler & header) & klu mufler nya aja brp pak
    terima kasih

    BalasHapus
  8. harga header buat lancer brp??

    BalasHapus
  9. harga bisa dilihat di http://www.gtracingknalpot.com

    BalasHapus
  10. untuk mobil chevrolet diesel bisa dibikin header nggak bos?berapa?

    BalasHapus
  11. Saya Septian dari Tangerang Gan................

    Gan,Mobil Saya Yaris Matic.....Kira" bisa ga pake Header???

    Berapa ya Gan Header buat Yaris Matic???....

    Septian 021-60493206

    BalasHapus
  12. Ni Ryan dari Lampung...
    Gw punya Yaris Matic...!
    Berapa harga sepaket dari header mpe muffler-nya????

    BalasHapus
  13. bro di toyota starlet gua itu gua liat udah 4-1 tapi blom enak tenaga nya apa itu header ? trus klo mau beli lagi header buat starlet brapa kira" makasih (y)

    BalasHapus
  14. kalau buat suzuki swift Gt-3 brp bos ? sama knalpot nya biar kenceng bunyinya....

    BalasHapus
  15. kalo buat all new corolla 1.8 headernya saja kena brp pa... salam kenal annas -bandung-

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk harga harga ....
      baiknya untuk respon cepat hubungi kami di
      whatsaap ; 085222444346
      pin bb ; 29EFA71E

      Hapus
  16. buat civic nouva brp bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dibutuhkan apanya bos? baiknya untuk respon cepat hubungi kami di
      whatsaap ; 085222444346
      pin bb ; 29EFA71E

      Hapus
  17. sy mau pasang knalpot racing pd all new xenia 1000 cc, apa saja sy perlu beli ke gtracing biar sy tinggal pasang aja.

    BalasHapus
  18. sy mau pasang knalpot racing pd all new xenia 1000 cc, apa saja sy perlu beli ke gtracing biar sy tinggal pasang aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan hubungi kami atau add pin kami
      085222444346
      pin : 29efa71e

      Hapus
  19. Untuk Nissan B13 dengan jalur 4-2-1 brapa?

    Ths

    BalasHapus
  20. ini andre dari palembang..kalo catalytic convereter untuk sepeda motor ada gak bos

    BalasHapus
  21. Kalo herder buat sx4 plus ongkirnya brp gan ke palembang?

    BalasHapus
  22. BOS HEADER TAFT SMPAI DI BALI BRP HARGANYA

    BalasHapus
  23. Informasi bermanfaat, mau ngulik juga nih header mobil saya,, thanks infonya om

    BalasHapus
  24. Bos kalo header jazz idsi 4-2 berapaan?

    BalasHapus
  25. Berapa buat mbl luxio bos lokasi nya di mn bos

    BalasHapus