Seperti kita semua tahu knalpot merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai saluran gas buang di dalam mesin,tapi dibalik itu semua jika kita mampu memaksimalkan pembuangan itu benar-benar akan mempengaruhi kinerja mesin, performa mesin akan maksimal.
Peran dari sistem pembuangan adalah dengan mengambil sisa pembakaran bahan bakar gas yang tersisa dengan udara dan memungkinkan pembakaran sisa residu tersedot kembali ke dalam silinder melalui baris berikutnya karburator masuk ke ruang pembakaran (kepala silinder)-pembakaran- sistem pembuangan .Jika exhaust manifold sedikit sehingga campuran bahan bakar tidak terbakar sempurna di dalam silinder karena sempitnya ruang bakar untuk beristirahat lebih dan kurang efisien dalam pengoperasian mesin
Untuk mengatasi masalah ini dan memperbesar ruang bagi siklus pembakaran, dengan menginstal besar knalpot adalah 2 atau 2,5 inci akan meningkatkan aliran mesin buang gas. Mengubah ukuran exhaust manifold hanya memberikan tenaga mesin , tetapi ketika dikombinasikan dengan besar knalpot lubang akan memberikan daya pengaruh mesin besar.
Hal ini juga akan dipengaruhi dalam memilih bending knalpot manifold, exhaust manifold diameter siku harus sama dengan diameter pipa itu sendiri,diameter dalam keadaan standar mereka yang bengkok knalpot manifold akan lebih kecil dari ukuran pipa karena sudut yang dibentuk oleh tikungan itu sendiri lengkungan semakin tajam, semakin kecil diameter exhaust manifold, ini akan mempengaruhi buang saluran gas dan secara keseluruhan mengurangi efektivitas sistem pembuangan,dalam hal ini saya menyarankan untuk memilih dan menggunakan exhaust manifold yang memiliki beberapa belokan
Untuk mengatasi masalah ini dan memperbesar ruang bagi siklus pembakaran, dengan menginstal besar knalpot adalah 2 atau 2,5 inci akan meningkatkan aliran mesin buang gas. Mengubah ukuran exhaust manifold hanya memberikan tenaga mesin , tetapi ketika dikombinasikan dengan besar knalpot lubang akan memberikan daya pengaruh mesin besar.
Hal ini juga akan dipengaruhi dalam memilih bending knalpot manifold, exhaust manifold diameter siku harus sama dengan diameter pipa itu sendiri,diameter dalam keadaan standar mereka yang bengkok knalpot manifold akan lebih kecil dari ukuran pipa karena sudut yang dibentuk oleh tikungan itu sendiri lengkungan semakin tajam, semakin kecil diameter exhaust manifold, ini akan mempengaruhi buang saluran gas dan secara keseluruhan mengurangi efektivitas sistem pembuangan,dalam hal ini saya menyarankan untuk memilih dan menggunakan exhaust manifold yang memiliki beberapa belokan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar